Konsistensi

Nglakuin hal baru yang sesuai dengan passion itu menyenangkan ngetzzz. Masalahnya, kadang kita sering ngrasa bosen sama passion itu sendiri. Bahaya nih!!! Gimana kalau bosen hidup (?) nggak lah ya...
Hari ini lagi pengen bahas konsistensi aja sih, konsistensi terhadap kegiatan yang positif loh ya, kayak nulis, olahraga, nglakuin hobby, dll soalnya gue juga korban ketidakkonsistenan diri gue sendiri.
Ngomongin soal konsistensi, sebenernya susah-susah-gampang sih buat konsisten. Kalau passionnya udah dalem banget nancepnya, pasti bakal happy-happy aja nglakuinnya. Kesenangan melakukan sesuatu sesuai passion yang dimiliki itu udah surga banget, kalaupun ujung-ujungnya ada reward yang diterima ya itulah bonusnya. Dan sekali lagi gue tekankan, konsistenlah sama hal-hal yang positif yang bisa membawa manfaat buat diri kalian dan orang lain di sekitar. Kalau kegiatannya negatif, mending ditinggalin aja jangan diulang-ulang deh ya..
Gue adalah salah satu korban ketidakkonsistenan yang diakibatkan oleh diri gue sendiri *loh muter-muter -_-* initinya gue pernah nggak konsisten sama apa yang pengen gue jalani. Dan ujung-ujungnya adalah ketika gue mencoba buat kembali ke hal yang gue tinggalkan sebelumnya, gue jadi ngrasa asing lagi, harus adaptasi lagi.
Dari sinilah gue pengen berbagi gimana caranya biar kita bisa konsisten nglakuin apa yang sesuai dengan passion kita...

1. Niat
Gimana mau nglakuin sesuatu kalau niatnya aja gak ada? Gimana mau konsisten kalau niat aja nggak punya (?) *plakkk!!!
Intinya dasar dari segala hal yang pengen kalian lakukan itu sebenernya adalah niat. Kalau udah niat, ya pokoknya ada aja jalannya ntar. Kalau udah niat, bisa lebih enteng nglakuinnya. Beda sama nglakuin sesuatu yang dipaksa. Nglakuin sesuatu karena niat dan kesenangan hasilnya akan terasa natural dan memuaskan, sedangkan kalau kalian nglakuinnya karena terpaksa ataupun dipaksa, 1 detik aja bisa berasa kayak 1 jam.

2. Manajemen waktu yang baik
Melakukan hal yang disukai tentunya akan menyita waktu, apalagi kalau udah ketagihan, bisa bikin lupa waktu. Nah, disinilah pentingnya ngatur waktu yang kita punya biar bisa konsisten nglakuin apa yang kita suka sesuai passion yang kita punya tanpa harus ngganggu waktu kegiatan lainnya. Seneng-seneng boleh, tapi menunda kesenangan di masa muda untuk kesusksesan di masa tua jauh lebih menyenangkan. Alternatif yang bisa dilakuin adalah kalian bisa bikin 'deadline' buat diri kalian sendiri. Anggap aja punya utang, jadi harus dilakuin. Dengan begitu konsistensi kalian melakukannya bisa terwujud secara perlahan tanpa disadari.

3. Mau Berbagi
Hidup sendiri itu nggak enak. Itulah gunanya ada orang-orang di sekitar kita biar kita bisa berbagi sama mereka. Dengan berbagi, kalian bisa dapat ilmu yang lebih dari orang-orang di sekitar. Dengan berbagi juga kalian bisa tau seberapa besar orang-orang menghargai konsistensi kalian. Jadikan kritik-kritik yang kalian dapet dari hasil berbagi tadi sebagai cambuk pembakar jiwa kalian biar kalian bisa konsisten, bukan malah bikin berhenti. Wah bahaya nih kalau salah menanggapi !!! ._.

4. Melihat ke segala arah
Yang gue maksud "melihat" adalah kalian harus tau kemana arah kegiatan yang kalian lakuin. Lihatlah contoh-contoh orang yang sudah sukses di bidangnya, tapi liat juga bagaimana perjuangan mereka biar bisa sesukses sekarang. Jangan karena kalian melihat mereka sekarang sudah sukses, kalian berpikir kalau memang mereka beruntung ditakdirkan sukses dengan cepat. Logikanya nggak mungkin kan baru punya blog tapi udah pengen bikin novel sebagus novelnya Raditya Dika (?) Semua butuh proses dan proses itu butuh konsistensi luar biasa kalau kalian bener-bener pengen jadi kayak orang-orang sukses di luar sana. Mereka juga telaten konsisten di bidang mereka, hanya saja mungkin mereka tidak mau terlalu menunjukkan kisah perjuangannya kepada orang lain. Intinya ada sosok yang bikin kalian terinspirasi dan buat kalian berpikir kalau kalian juga bisa kayak dia SUATU HARI NANTI kalau kalian mau konsisten sama apa yang kalian lakuin.

5. Lakukan dengan penuh Totalitas
Katanya passionnya di situ, kok nggak total nglakuinnya (?) salah passion mungkin ya..
Ini masih ada kaitannya sama nomor 4 tadi. Ngomongin soal konsistensi dan kesuksesan, butuh totalitas juga buat nglakuinnya. Kenapa ? Karena hal yang kalian lakukan secara maksimal bisa mendatangkan hasil yang maksimal pula. Gimana kalau nglakuinnya setengah-setengah ? Berarti konsistensinya juga setengah-setengah dan akhirmya suksesnya juga cuma setengah-setengah (?)
Yaudahlah pokoknya gitu. Totalitas itu penting kalau kalian pengen sukses.

Setidaknya itu yang udah gue lakuin biar gue nggak jadi korban lagi kayak dulu yang sempat berhenti ngeblog. Mudah-mudahan kalian nggak jadi korban kayak gue. Kalau kalian punya tips-tips lain soal nglakuin sesuatu secara konsisten, boleh juga kok dibagi di kolom komentar...
Thank You!! :))

Komentar

Postingan Populer