Rindam Jaya : Bela Negara


Gunung Bundar tak akan kulupa
Tempat kita berlatih bersama
Siang malam selalu ditempa
'Tuk menjadi mahasiswa yang jaya
'Tuk menjadi mahasiswa yang jayaaa

Hari ini langit cerah
Kami berlatih dengan riang
Di bawah terik disiram hujan
Angin bertiup badaipun datang

Kalau bisa bikin after movie, mungkin lagu di atas bakal jadi salah satu soundtracknya. Tulisan ini sebagai pengantar cerita-cerita selama pendidikan bela negara yang udah kulalui selama seminggu belakangan. Udah nggak usah ditanyain kenapa lama banget vakum nulis, bahkan udah lupa postingan terakhir tanggal berapa. Tapi yang jelas, cerita ini sayang banget kalau nggak dibagikan ke kalian semua. Disini aku cuma mau gambarin keywordnya aja tentang bahan tulisan-tulisanku selanjutnya. Buat yang nanya aku mahasiswa mana dan kenapa ikut pendidikan bela negara yang sabar yaa, jawabannya ada di tulisan part epilog nanti. Stay tune!

Oke, back to apa yang mau aku bagi ke kalian semua. Pendidikan Bela Negara yang dilaksanakan oleh kampus tempatku menimba ilmu sekarang ini merupakan rangkaian acara masa pengenalan kampus. Pendidikan bela negara ini digelar untuk melatih dan membentuk karakter mahasiswa yang siap mengabdi untuk negeri. Ada beberapa keyword yang bakal jadi pengantar cerita kali ini. Check this out!

Bela Negara
Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Pemerintah Indonesia saat ini menjalankan program pelatihan Bela Negara yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Pada tanggal 22 Oktober 2015, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meresmikan pembukaan program bela negara. Program tersebut dimaksudkan untuk memperteguh keyakinan dan program ini bukanlah sebuah bentuk wajib militer. (Source : Wikipedia)
Kalian punya gambaran dong ya gimana pendidikan bela negara itu sekarang. Yeah, itulah yang aku jalani selama seminggu. Buat yang penasaran kegiatannya apa dan gimana yang sabar, postingan selanjutnya bakal mengupas semuanya satu per satu setajam cintamu menembus jantungku.

Dodiklatpur Rindam Jaya
Pendidikan Bela Negara yang digelar kampusku kali ini bertempat di Dodiklatpur Rindam Jaya (Depo Pendidikan Latihan Tempur Resimen Daerah Militer Jayakarta) yang terletak di Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Iya, kalian nggak salah baca, di Gunung Bunder, deketnya Gunung Salak. Lokasinya gimana? Lokasinya sejuk, sejuk banget. Kalau siang hawanya panas banget, kalau malam sampai subuh suhunya bikin menggigil. Medannya gimana? Jalan beraspal kok, tenang aja. Tapi tanjakan dan turunannya subhanalloh sekali. Kalau mau punya badan yang berpack-pack boleh coba latihan disini kok. Betis bisa berotot seketika dengan naik turun dari ujung satu menuju ujung yang lain di Dodiklatpur dengan berjalan kaki. Tidurnya di mana? Di barak tentara bisa, di tenda bisa, di ruang kelas juga bisa. Santai aja, hidup di gunung sekali-sekali juga seru kok. MCK bagaimana? Ada kamar mandi, semak-semak masih luas, ada sungai mengalir, terserah mau pilih yang mana sesuai minat hati nurani kalian masing-masing. Tempatnya kayak apa? Tempatnya indah, banget, meskipun segala sesuatunya terkesan militer banget mulai dari gapura pintu masuk sampai ke belakang, tapi ketika malam hari kalian berdiri di satu spot bernama Lapangan Pancasila maka kalian akan tercengan, pemandangannya gila dan bikin bengong guys. Mau memandang langit lepas sampai pagi juga silakan, meskipun kalau mau stargazing belum sebagus yang di Flores sana, tapi Rindam Jaya nggak kalah cantik buat memanjakan mata.

Dorong Pakai Air!
Apanya yang didorong pakai air? Gimana caranya dorong pakai air? Penasaran? Tungguin postingan selanjutnya ya. See you..

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer