Jam Kosong


   Jam kosong yang gue maksud bukan jam yang nggak ada jarumnya, melainkan jam 'pelajaran' sekolah yang harusnya kita dapat tambahan ilmu tapi nyatanya bapak/ibu guru berhalangan hadir.   Sebenernya 'jam kosong' ini menguntungkan atau merugikan sih?
Oke nggak usah debat~
Gue bahas semuanya, iya gue ulang lagi, semuanya *tariknapasdalam-dalam*
    Gue nggak akan nulis ini kalau gue nggak ngalamin hal ini, jadi gara2 gue nganggur dan nggak tau mau ngapain ya akhirnya gue nulis aja. Anggap aja lagi kumat!!
    Buat kaum-kaum pelajar baik yang haus ilmu maupun enggak, pasti udah pernah ngalamin yang namanya jam kosong. Dan kebanyakan ngarepin banyak jam kosong di sekolah... Nahloh?!? Nyatanya jam kosong nggak selamanya menguntungkan (apalagi kalau dikasih tugas dan harus dikumpulin, bete-_-) bagi pelajar. Bagai dua sisi koin, jam kosong punya kelebihan dan kekurangan (*sokbijak.-.).
Keuntungan jam kosong antara lain adalah kita bisa nglakuin hal-hal yang seharusnya nggak dilakuin waktu jam pelajaran. Iya nggak? Gue kasih contoh nih
1. Rame
Jam pelajaran rame sih udah biasa. Tapi, intensitas rame kelas kalian bisa meningkat drastis pas dapet pengumuman kalau hari itu jam kosong. Rame ini bisa dimana aja, kalau udah bosen rame di kelas biasanya pindah tempat sih -> DI KANTIN.

2. Nyanyi-nyanyi (absurd) bareng
Nih salah satu virus yang gampang menyebar ketika jam kosong melanda. Apalagi kalu ada yg (nggak) sengaja bawa gitar. Satu orang nyanyi sambil gitaran, lainnya denger trus ikut nyanyi, nular lagi ke yang lain, nular lagi.......dan seterusnya. Dan yang bikin unik adalah kalian bisa nyanyi dengan suara semau kalian sesuai ekspresi yg kalian punya. Bayangin kalau ada 100 orang di kelas kalian nyanyi bareng lagu yang sama dengan suara yang beda-beda..mugkin membentuk tim paduan suara bisa jadi ide yang bagus. Tak ada rotan, akarpun jadi berarti kalau nggak ada gitar, meja kursi digebrekin juga nggak papa (asal jangan sampe patah aja._.)

3. Ngegame
Virus ngegame biasanya terjadi kalau seluruh elemen kelas lo udah tau kalau hari itu bakalan jam kosong. Apalagi cowok-cowok yang keranjingan ngegame kayak PB, CoC (Clash of Clan), Battle Field dan alam-alam game lainnya pasti udah bilang 'eh lo, besok bawa laptop ya? Battle sama gue.' sebagai sebuah kalimat perjanjian untuk melewati masa-masa jam kosong bersama-sama.

4. Nggosip sambil selfie
Ini kayaknya kerjaan cewek-cewek deh...*ups* yaudahlah yaudah akuin aja :') kejadian ini bisa dirumuskan : jumlah kenaikan foto di galeri gadget lo = lama waktu jam kosong x jumlah mata pelajaran yang ada jam kosong. Kalau nggak selfie kadang ya suka gitu. Gitu gimana? Ya gitu deh pokoknyaaaaa..

5. Tidur
Ini alternatif terakhir buat ngabisin masa-masa jamkos lo tanpa harus banyak nguras tenaga dan pikiran. Bayangin aja siapa tau lo mimpi jadian sama Justin Bieber, terjun dari lantai teratasnya Wuz Khalifa, atau nyelam ke dasar laut segitiga bermuda. Keren kan?? Eh btw kalau tidur di kelas jangan lupa bangun ya, pasang alarm, atau kalau males masang alarm lo jadiin temen lo sebagai 'alarm' lo kalu guru pelajaran selanjutnya udah masuk.

    Sebagian besar hal-hal yang gue bahas tadi sering banget kejadian pas jamkos. Tapi secara nggak sengaja si 'jamkos' ini juga merugikan lo guys..
1. Telat pelajaran
Jam kosong = gurunya nggak masuk kelas = nggak dapat ilmu = ketinggalan dari kelas lain. Akibatnya kita harus ngejar sebisa mungkin biar sama kayak materi kelas lain meskipun gurunya ntar bakal nerangin juga kalau udah masuk kelas. Tapi hal ini jangan terlalu dipikirin juga. Udahlah kalau jamkos dibikin santai se santai mungkin aja deh, nikmatin surga pelajar yang jarang2 mau dateng kayak gini. Tapi jangan kelewat nyantai juga guys, siapa tau tiba-tiba gurunya masuk dan nagih tugas (?)

2. Mengganggu ketentraman tetangga
Iya tetangga, tetangga kelas maksudnya. Siapa tau tetangga sebelah lagi presentasi atau malah lagi ulangan yang membutuhkan susana hening nan sepi  (tapi nggak se sepi kuburan.). Bayangin aja kalau kelas lo lagi ulangan tapi kelas tetangga ramenya minta ampun, lo sebel kan (?) *kecualikalaulocuek.-.*. Nah itungannya 'hukum karma jamkos' bisa terjadi.

3. Membosankan
Hal kayak gini jarang kejadian sih, kebanyakan pada menikmati jamkos itu sendiri. Semakin lama jamkosnya semakin bahagia sekolahnya. Tapi kalau kelamaan jamkos nggak bagus juga sih. Gue sering bete kalau kelamaan jamkos gara-gara udah kehabisan ide buat nglakuin apa demi melewati masa-masa jamkos -_-. Apalagi kalau perut laper....*ah sudahlah..

Ada untung ruginya kan? Makanya mending nggak usah jam...eh nggak jadi deh. *ketimpukbuku*
    Biar jamkos kalian ini seru juga bermanfaat, kalau udah tau jamkos bagi waktu aja. Separuh waktu jamkos buat ngerjain tugas, separuhnya lagi buat seneng-seneng seru-seruan bareng temen-temen kelas lo. Kayak yang dibilang nenek gue 'bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian' ( bisa jadi nggak jadi senang gara-gara gurunya masuk, waspadalah!! ). So,mau kalian apakan jamkos kalian? Share di sini dong, siapa tau bisa menginspirasi yang lain buat ngisi jamkos mereka (asal jangan nulis ide buat 'bolos sekolah' aja). Eh udah ya, guru gue masuk....dan bel pulang sekolah pun berbunyi *jingkrak-jingkrak kegirangan*

Komentar

Postingan Populer